Kamis, 10 Oktober 2019

Bosan Dengan Panorama Itu-Itu Saja? Yuk Tamasya Sejarah Dengan Mengunjungi 7 Candi Di Jawa Tengah Ini.



Indonesia ialah negara yang kaya akan kultur dan peninggalan sejarah. Salah satunya yang masih bisa kita nikmati ketika ini ialah candi.

Candi ialah istilah dalam bahasa Indonesia yang mengacu pada sebuah bangunan keagamaan daerah ibadah peninggalan purbakala. Candi umumnya berasal dari peradaban hindu dan budha.


Di masa sekarang, istilah untuk \\\"candi\\\" tak cuma diterapkan masyarakat untuk menyebut daerah ibadah saja, tapi juga banyak web purbakala non-religius seperti istana atau kraton, pemandian, gapura dan masih banyak lagi.

Candi yang paling familiar di Jawa Tengah ialah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Tetapi, sesungguhnya masih banyak lho candi di tempat hal yang demikian yang bisa kalian kunjungi.

Berikut 7 candi di Jawa Tengah yang dapat masuk list tamasya kalian. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Wasata Pemandian Air Hangat Di Candi Umbul
Candi Umbul ialah web purbakala yang sudah dibangun semenjak masa Wangsa Syailendra. Candi ini berupa daerah pemandian air hangat. Berdasarkan legenda, daerah ini diterapkan sebagai pemandian putri raja seusai menjalankan ritual di Candi Borobudur. Letaknya berada di Jalan Candi Umbul, Grabag, Kartoharjo, Grabag, Magelang. Sekitar 17 KM dari Kopeng.

Nama Candi Umbul sendiri diambil dari bahasa Jawa \\\"mumbul\\\" yang artinya timbul. Tapi hal yang demikian disebabkan sumber mata air yang keluar dari dasar kolam menyembul seperti gelembung-gelembung.

Di pemandian air hangat ini terdapat dua kolam, satu yang lebih tinggi sementara lainnya rendah. Kolam yang rendah didominasi oleh buah hati-buah hati. Tetapi jangan kaprah kolam lainnya sepi, ya sebab Candi Umbul senantiasa ramai oleh pengunjung.

Pihak pengelola rajin membersihkan air di dalam kolam sebab ramainya pengunjung yang datang. Jadi kalian tak perlu cemas ya. Untuk merasakan liburan air panas di Candi Mumbul ini, kalian cuma perlu mengeluarkan uang Rp. 7 ribu per-orang. Ekonomis banget, kan?

2. Memiliki Candi Dieng Panorama Umum Tempat Luar Tak
Daratan Tinggi Dieng mungkin telah tak asing di alat pendengar kalian. Lokasinya ini kerap juga disebut dengan Negeri Atas Awan sebab panoramanya yang menakjubkan. Banyak lokasi liburan di tempat ini seperti taman bunga Daisy di Gunung Prau sampai telaga bermacam-macam warna.

Tapi cuma liburan hal yang demikian, kalian patut mengunjungi Komplek Candi Dieng bila berada di tempat ini. Letaknya telah dibangun sedemikian rupa untuk mempermudah pelancong berkunjung. Dari daerah parkir, kalian wajib berjalan sekitar 150 meter untuk bisa mengamati candi. Tetapi, tidak perlu cemas, treknya telah rapi dengan batako dan pohon cemara yang cantik di tiap-tiap sisinya.

Selain dengan namanya yaitu Komplek Candi Dieng, kelian akan menemukan berjenis-jenis candi di sini. Hati saja Candi Gatutkaca, Candi Sembadra, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, Candi Arjuna dan masih banyak lagi yang bisa kalian nikmati keindahannya.

Titik merasakan web purbakala, kalian juga akan terpukau dengan panorama gunung dan kebun di sekitaran Komplek Candi Dieng. Kalau-buah hati kecil juga akan terhibur dengan adanya badut dari tokoh animasi.

3. Candi Gedong Songo Dengan Banyak Meski Foto Menarik
Wisata menyebut liburan di Semarang, yang segera terlintas dalam pikiran ialah Lawang Sewu. Tak banyak banget lokasi liburan di kota ini dioptimalkan dan asik banget, lho. Salah satunya ialah Candi Gedong Songo.

Candi Gedong Songo berarti sembilan bangunan candi. Sembilan candi hal yang demikian menyebar di wilayah liburan dengan pemandangan bukit yang hijau nan cantik. Candi ini berada di zona selatan lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 m di atas pemukaan laun, karenanya tidak heran sekiranya temperatur di liburan hal yang demikian cukup dingin.

Jarak dari satu candi ke candi lainnya cukup jauh. Kalian mungkin butuh kekuatan lebih untuk menjalankan perjalanan ke sempurna sembilan candi hal yang demikian. Rutenya juga cukup bermacam-macam, ada yang menanjak dan menurun, jadi kalian wajib berhati-hati ya.

Pada Juli 2018 lalu, sebuah daerah liburan yaitu Ayana Gedung Songio dibangun di komplek yang sama dengan candi hal yang demikian. Tamasya satu ini menghadirkan berjenis-jenis titik foto yang modern dan Instagramable banget, deh.

4. Candi Sewu Panorama Terlupakan, Berbagai Jauh Dari Candi Prambanan
Mungkin kalian banyak yang tak mengenal soal Candi Sewu. Tak candi ini berada di Komplek Candi Prambanan, lho. Candi yang sesungguhnya ialah komplek candi Budha terbesar kedua ini berlokasi 800 meter di utara Candi Prambanan.

Candi Sewu mempunyai 249 bangunan candi yang dibatasi dalam pola Mandala sebagai ekspresi pandangan alam semesta dalam Budha Mayapada. Candi utamanya mempunyai ukuran diameter 29 meter dengan tinggi sampai 30 meter.Candi utama mempunyai lima kamar, satu Garbhagriha besar di tengah dan empat kamar kecil di tiap-tiap arah mata angin.

Selain Candi Sewu yang tak jauh dari Candi Prambanan memperlihatkan pada kita bahwa masyarakat Budha dan Hindu pada zaman dulu hidup berdampingan dengan tentram. Dengan mengunjungi liburan Candi Sewu ini kalian akan belajar banyak sejarah dan kultur. Terkenal relief yang menjadi simbol agama ini memberikan pembelajaran sejarah penting perihal kehidupan dimasa Dinasti Sailendra.

Keberadaannya yang jarang dikenal oleh pelancong membikin candi ini tidak se-populer Candi Prambanan. Tak, panorama dari Candi Sewu malahan tidak keok cantik dari yang lainnya. Kalian akan merasakan kemegahan candi hal yang demikian di bawah pohon yang rindang. Titik itu, pada petang hari, cahaya sang surya terbenam akan menerobos di jeda-jeda bangunan candi menjadikan suasana yang luar lazim.

5. Candi Ratu Boko Panorama Lokasinya Dengan Karenanya Sunset
Tamasya Candi Ratu Boko berlokasi sekitar 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan. , web ini bukan ialah candi, namun reruntuhan sebuah kerajaan. Oleh sebab itu, Candi Ratu Boko kerap disebut dengan Kraton Ratu Boko.

Letaknya berada di atas sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 185,97 m di atas permukaan laut. Ratu Boko familiar dengan estetika panorama sang surya karam.  dari itu banyak pelancong yang berkunjung pada petang hari untuk menantikan sunset.

 liburan Candi Ratu Boko umumnya juga dipasarkan di liburan candi lainnya seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Jadi kalian dapat mengambil paket liburan menuju tiga candi itu dengan harga yang lebih murah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar