Senin, 27 Januari 2020

9 Prinsip-Prinsip Pelajaran PAUD Berbasis Alam PAUD




Kerja pelajaran PAUD berbasis alam perlu melihat sejumlah prinsip yang mendasarinya. Prinsip-prinsip yang dimaksud diantaranya ialah :

1. Berkonsentrasi pada perkembangan si kecil dan optimalisasi perkembangan
Keberhasilan pengajaran bisa dinilai pada sejauh mana pengajaran sukses mengidentifikasi, memaksimalkan, dan memaksimalkan potensi tiap si kecil cocok dengan karakteristik perkembangannya.

Oleh sebab itu, keberhasilan cara kerja pelajaran berbasis alam berlokasi pada peningkatan optimalisasi segala potensi perkembangan si kecil dengan menjadi lingkungan alam sebagai sumber belajar yang utama.

2. Membangun kemandirian si kecil
Kerja pelajaran yang berbasis alam diinginkan bisa membangun dan memaksimalkan kesanggupan menolong9 Prinsip-Prinsip Pelajaran PAUD BErbasis Alam diri sendiri (kemandirian), kedisiplinan dan sosialisasi supaya terwujud karakter kemandirian yang kuat.

Dalam pelajaran yang berbasis alam, si kecil akan terbiasa dihadapkan pada sejumlah keadaan sulit kehidupan secara faktual. Buah bisa berupaya menuntaskan keadaan sulit hal yang demikian, bagus secara individual ataupun berprofesi sama dengan sahabat-sahabatnya.




3. Belajar dari lingkungan alam sekitar
Kerja pelajaran berbasis alam akan mengoptimalkan pemanfaatan kekayaan alam yang ada, sebagai sumber ilmu pengetahuan, sehingga mempunyai ketajaman berdaya upaya dan wawasan keilmuan yang aplikatif.

4. Belajar dan bermain dari lingkungan sekitar
Lewat bermain, memungkinkan si kecil untuk terlibat dalam lingkungannya, lewat perselisihan internal ataupun eksternal sehingga si kecil belajar lewat beraneka pengalaman dengan obyek, orang, aktivitas yang ada di sekitarnya. Pelajaran yang dialami si kecil akan menjadi lebih menarik, menyenangkan (fun learning), bermakna dan tak membosankan.

paud berbasis alam pelajaran paud berbasis alam contoh paud berbasis alam sekitar contoh pelajaran paud berbasis alam media pelajaran paud berbasis alam contoh paud berbasis alam kurikulum paud berbasis alam tujuan paud berbasis alam teladan kurikulum paud berbasis alam
5. Memanfaatkan sumber belajar yang gampang dan murah
Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, si kecil bisa mempelajari banyak hal dari lingkungan terdekatnya (lingkungan alam, lingkungan jasmani, lingkungan sosial, tradisi kultur, dsb) sehingga sumber belajar tak semestinya sengaja dirancang dengan mengeluarkan tarif yang mahal.

6. Pelajaran mengaplikasikan pendekatan tematik
Pelajaran tema ialah salah satu pendekatan pelajaran yang didasarkan atas pandangan baru-pandangan baru pokok/sentral seputar si kecil dan lingkungannya. Lewat pelajaran tema bisa memberikan pengalaman seketika seputar obyek yang kongkrit bagi si kecil untuk mengukur dan memanipulasinya, menumbuhkan sistem berdaya upaya yang komprehensif.

7. Membangun adat istiadat berdaya upaya ilmiah semenjak umur dini
Upaya ilmiah yang dimaksud pada prinsip ini ialah menyajikan dan membiasakan si kecil untuk menemukan beraneka keadaan sulit yang ada di lingkungannya dan berdaya upaya untuk menemukan sistem memecah-kannya. Kesibukan berdaya upaya seperti ini bisa dijalankan lewat eksplorasi beraneka hal yang terjadi/ada dari lingkungannya, dari hal yang gampang/simpel ke arah yang lebih rumit/sukar.

8. Pelajaran inspiratif, menarik, kreatif dan inovatif
Buah ialah subjek dalam pelajaran. Kesibukan-aktivitas pelajaran perlu disiapkan untuk membangun rasa berharap tahu si kecil, menyemangati si kecil untuk berdaya upaya kritis dan menemukan hal-hal yang baru.

9. Memberikan ruang bagi si kecil untuk belajar secara aktif (active learning).
Dengan belajar dari sumber lingkungan sekitar dan lingkungan lain yang mensupport akan menunjang si kecil untuk menampakkan kesibukan belajarnya. Buah akan berupaya memandang, mencari dan menemukan beraneka pengetahuan dan konsep yang penting terkait dengan beraneka bidang perkembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar